Rabu, 21 Desember 2011

Tres Leches Coffe Cup Cakes

LBT # 11

Tema : TRES LECHES CAKE ( Pastel de Tres Leches )

Host : Vivi Nowotny

Alhamdulillah...akhirnya masuk juga di tantangan ke 11 ini, dengan Ibu Host kita nan cantik dan baik hati Mba Vivi..^^
Asli waktu pertama baca nama cake ini, selain kesrimpet bacanya dan bingung apalagi ini kue dari daratan eropa sono hihihi...namun setelah, baca deskripsi dan resep yang di share oleh ibu Host..akhirnya mengerti juga dan makin penasaran hehehe....

Berikut Deskripsinya :
Tres Leches Cake atau Pastel de Tres Leches atau Tree Milk Cake ,

atau dalam bahasa disebut 3 Macam / jenis Susu, ( Leches berarti SUSU dalam bahasa spanyol ) . Adalah termasuk jenis Sponge Cake dan ada resep yang menggunakan jenis Butter cake. Tres Leches Cak berasal dari Amerika Latin dan memiliki beberapa versi dan kekhasan dari beberapa negara latin tersebut, yaitu : Cuban version, Dominician version, Peruvian version, dan Nicaraguan version.
Penggunaan tiga macam susu yang wajib digunakan untuk bahan perendam / siraman adalah sebagai ciri khas dari Tres Leches Cake ini. Yaitu menggunakan susu kental manis ( Sweeted Condensed Milk ), susu kental tawar ( Evaporated Milk ) dan krim kental ( Whipping cream ). :


* Condensed Milk / Susu Kental Manis

Sesuai dengan namanya, susu ini kental dan manis sekali. Susu ini digunakan untuk membuat kue atau campuran pudding atau sebagai salah satu bahan filling martabak, siraman minuman segar dan sebagainya. Contoh : Carnation, Frisian Flag dsb.

* Evaporated Milk / Susu Pekat cair tawar

Jenis susu yang telah diuapkan sebagian airnya, hingga kental ( Pekat ). Sering dipakai sebagai pengganti krim dalam kopi atau pun di gunakan salah satu bahan umtuk soup ( sup ). Contoh : Nestle, Carnation, F&N dsb.


*Whipping cream / Krim cair

Whipping Cream ada yang cair kental dan bubuk. Untuk bahan di dalam Tres Leches ini dapat menggunakan kedua jenis tersebut. Jenis krim kental yaitu Dairy dan Non-dairy. WP Dairy pada umumnya berbentuk cair, rasanya tidak manis dan lebih gurih. WP Non-dairy berbentuk bubuk dan ada juga yang cair, rasanya manis dibadingkan WP Dairy ( Whipped cream bubuk harus dicampur air dingin terlebih dahulu sebelum dikocok, dimana takarannya terdapat pada kemasan masing masing produk ).

Akhirnya berkat Ibu Host kali ini, sy bisa menikmati kue orang bule yg bahkan namanya juga baru tau pas ada PR kali ini..makasih banyak Ibu Host..muuaaaahh ....:D kuenya enyaaakk...apalagi, kali ini sy memadukan kopi dalam adonan dan campuran 3 susunya..pas dipanggang aroma harumnya kopi bikin perut keroncongan ..:D
Alhamdulillah semuanya sukaaaaaa..:D
Untuk resep saya menggunakan resep yg sudah di share Ibu Host...:)


 Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches )
Source by The Pioneer Woman

Modified by Vivi Nowotny

Bahan :

140 gram tepung terigu

1 ½ sendok teh baking powder

¼ sendok teh garam

5 butir telur, dipisahkan

150 gram gula pasir, ( dibagi menjadi 110 gram dan 40 gram )

1 sendok teh vanili

80 ml Susu cair **+ satu sdt kopi instan


Bahan siraman :

350 ml susu evaporated *sy menggunakan 200 ml

350 ml susu kental manis *sy gunakan hanya 150 ml

60 ml krim kental *sy gunakan 50 gr WhC bubuk + 100 ml air dingin
dan 1 sdt kopi instan

Untuk Frosting :
saya gunakan Buttercream dg DCC yg dilelehkan dan sedikit pasta mocca..:)


Caranya :
1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius. Olesi tipis dengan butter pada loyang 9x13 inchi. Sisihkan.

2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.

3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 110 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.

4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.

5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK

6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung, ( Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ). Aduk - aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata ( homogen ).

7. Tuangkan adonan kedalam loyang cup cake yg sudah di beri cup momma. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam. Sementara itu untuk membuat siraman, campur dan aduk rata susu kental, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah. Sisihkan.

8. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.
Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).

9. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake sampai betul betul terserap - kurang lebih 8 jam ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.

10. Penyajian. Berikan frosting diatas cake merata atau dapat menggunakan spuit, beri dusting kopi bubuk dan hiasan coklat berbentuk biji kopi, sajikan..:)


Penampakan didalam oven, mumbul banget yah..menul menul hihihi..:D

Setelah kue dingin agak sedikit turun, lalu tusuk2 dg tusuk gigi atau garpu..ne saking semangatnya Tata ngebantuin ampe rada berhamburan bagian atasnya hihihi...:p
lalu tuang sampuran 3 susu dg bantuan sendok sedikit demi sedikit, diamkan selama minimal 1 jam atau 8 jam lebih bagus didalam kulkas sebelum di hias..:)
Happy Baking...^^

1 komentar:

  1. kalau tips untuk menghindari kue yang banyak lengket dibagian bawah gimana min? ini kok lengket2 semua gitu..

    BalasHapus