Jumat, 22 April 2011

Gemblong Ketan Hitam

Gemblong Ketan Hitam

Cemilan jadul...hehe...saya suka sekali dan kebetulan suami juga suka ini..Di daerah saya di batu seringnya di sebut dengan nama Getas..:)
Nah pas lihat postingan Mba Arni udah pengen bikin aja.. kebetulan masih punya stok tepung ketan hitam....

Rasanya...hmmm...yummm...^
^

Buat yang pengen nyobain bikin..monggo ini resepnya yah asliny ada  disini
Saya copas disini yaa..Mba Arni ijin buat copasnya..makasih juga buat resepnya yaa..^_^

GEMBLONG KETAN HITAM
source : Seri masak Femina Primarasa *Penganan Beras dan Ketan

Bahan:
150 gr tepung ketan hitam
150 gr tepung ketan putih
100ml santan dari 1/2 butir kelapa ____sy pakai kara
1/2 sdt garam
300 gr kelapa parut yang muda (Saya kukus dulu sebentar dg daun pandan biar makin wangi )

Lapisan:
150 gr gula pasir
3 sdm air ( Air saya tambahin lg sedikit )
1/8 sdt garam

Cara Membuat:
1. Panaskan santan dan garam sambil di aduk hingga hangat. ( Saya tambahkan jg dengan 2 lembar daun pandan yg sy sobek2 biar makin wangi )
2.Campur tepung ketan putih, hitam dan kelapa sampai rata. Tuangi santan sambil diaduk sampai kalis / bisa di pulung.
3. Bentuk adonan menjadi bulat lonjong, pipihkan sedikit.
4. Goreng gemblong dalam minyak hangat , sambil di aduk aduk sampai matang rata.



Ini penampakan gemblong setelah dipulung atau sebelum di goreng :)


Lapisan:
* Masak gula , air dan garam dengan api sedang sampai kental dan berserabut. kecilkan api, masuk kan gemblong cepat, sampai semua terselaput gula. Angkat dan sajikan

Happy Baking..^^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar